MPR RI Nilai Etika Bernegara Penting Segera Dijalankan

Zulkifli Hasan19

Zulkifli Hasan (kelima dari kanan).

KETUA MPR RI, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa dalam benjalankan negara dibutuhkan etika. Apalagi jika melihat perkembangan bangsa belakangan ini, etika bernegara dirasakan semakin mendesak untuk dilaksanakan. “Ini terasa penting melihat situasi bernegara belakangan ini,” kata Zulkifli Hasan di MPR RI, Rabu, (31/5).

Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, etika bernegara sebenarnya sudah ada pada sila-sila Pancasila. Sayangnya, makna dari sila-sila tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. “Bagaimana Pancasila menjadi prilaku bukan hanya slogan. Nilai-nilainya dijadikan prilaku agar kita bisa lebih cepat bersatu, kokoh kembali,” lanjut Zulkifli.

Ruang Iklan

Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan juga menegaskan bahwa nilai luhur Pancasila jangan hanya berhenti pada tatanan filosofis belaka. “Etika bernegara agar bisa diimplementasikan dalam bertatanegara. Pancasila sebagai ideologi negara tidak boleh berhenti hanya sebagai nilai-nilai filosofis dalam mewujudkan cita-cita proklamasi,” tegas Zulkifli Hasan.

Apalagi, Zulkifli Hasan merasa sejak reformasi bangsa ini semakin mengalai pemudaran makna dari nilai-nilai Pancasila itu sendiri. “Selama reformasi nilai-nilai luhur ke-Idonesiaan semakin pudar. Untuk itu perlu secara sunggu-sungguh mendorong pelaksanaan etika dan moral yang ada dalam kehidupan berbangsa,” katanya.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments