Pengamat: Status Hukum Novanto Tidak Pengaruhi Produk DPR RI

setya-novanto15

Setya Novanto.

PENGAMAT Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mengatakan bahwa tidak ada pengaruh hukum terhadap produk yang dihasilkan oleh DPR RI meskipun ketuanya, Setya Novanto telah berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-ktp. “Tidak, itu tidak akan berdampak secara hukum terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh DPR,” kata Margarito saat dihubungi, Selasa, (18/7).

Dicontohkan Margarito, jika pasca penetapan Setya Novanto sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, undang-undang yang dihasilkan oleh parlemen mempunyai kedudukan sama dengan lainnya. “Jadi tidak akan ada pengaruh hukumnya terhadap undang-undang yang lahir setelah Novanto menjadi tersangka,” ujar Margarito.

“Dari sisi hukum tata negara tidak ada pengaruhnya undang-undang yang dihasilkan itu,” sambung Margarito.

Ruang Iklan

Meski demikian, Margarito tidak bisa menampik adanya “kekurangan” terhadap kehormatan sebuah lembaga negara ketika pemimpinnya memiliki status hukum apalagi dalam dugaan korupsi. “Memang ada status hukum pejabat negara yang status hukumnya cacat. Karena dia menyandang label tersangka,” kata Margarito.

Terkait desakan penggantian posisi ketua DPR RI, Margarito mengatakan bahwa hal tersebut baru bisa dilaksanakan setelah putusan pengadilan terhadap Setya Novanto berkekuatan hukum tetap. “. Dari sisi tata negara orang bisa diberhentikan kalau sudah incrah, atau bisa dengan mengundurkan diri. Kalau tidak itu, partainya yang narik,” jelas Margarito.

“Dua poin ini yang menarik. Apakah dia mau mundur atau golkar mau menarik atau tidak?” kata Margarito lagi.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments