Golkar: Ketersediaan Pangan Suatu Kewajiban!!!

Airlangga Hartarto (tengah).

KETUA Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan bahwa ketersediaan bahan pangan bagi rakyat menjadi sesuatu kewajiban. Sehingga, harga kebutuhan pokok yang murah juga harus diiringi dengan ketersediaan di pasaran. “Seperti sembako murah. Murah dan juga ketersediaannya penting. Ketersediaan adalah kunci suksesnya kemandirian pangan,” kata Airlangga di DPR RI, Senin, (12/2).

Ketersediaan bahan pangan di pasaran, lanjut Airlangga, tidak pula terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa aspek yang saling terkait agar bahan kebutuhan pokok itu bisa dibeli rakyat dengan mudah. Diantaranya adalah aspek data. “Saat ini kita masih menghadapi kendala data pangan,” lanjut Airlangga.

Data bahan pangan yang jelas dan pasti, jelas Airlangga, merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan pasokan sesuai kebutuhan di tingkat konsumen. “Ini kuncinya. Kita harus bicara fixed data. Kalau fixed data ini ada, sekarang semuanya bisa diprediksi,” jelas Airlangga.

“Bukan saatnya lagi data dipertanyakan. Ini data yang perlu disatupadukan, menyangkut akurasi. Tidak ada revolusi industri tanpa fixed data,” tegas Airlangga.

Selain itu Airlangga juga menyoroti kondisi kesejahteraan para petani yang merupakan ujung tombak produksi bahan pangan rakyat bangsa ini.  Menurut Airlangga, seluruh petani di republik ini harus sejahtera, agar kinerjanya bisa maksimal untuk memproduksi bahan pangan. “Petani harus mendapatkan pembinaan dan diberi kemandirian agar bisa mewujudkan ketahanan pangan,” ujar Airlangga.   {007}.

Comments

comments