Ketua DPR RI Minta Pemerintah Persiapkan Strategi Hadapi Lonjakan Harga Dollar

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menyiapkan berbagai langkah menyikapi lonjakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. “Meminta Pemerintah untuk mempersiapkan strategi dalam menghadapi dinamika ekonomi global yang terjadi, dengan memastikan pelayanan dan operasional dalam seluruh aspek Pemerintahan tetap berjalan dengan baik,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Jumat, (2/3).

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga memperingatkan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika dapat mengancam turunya daya saing produk dalam negeri. Tidak hanya itu, pelemahan tersebut juga berpotensi memperberat beban pembayaran cicilan maupun bunga atas pinjaman pemerintah kepada pihak asing.

“Meminta Komisi XI DPR mendorong Menteri Keuangan (Menkeu) dan Bank Indonesia (BI) untuk segera mengantisipasi hal tersebut, mengingat pelemahan kurs rupiah berpotensi menurunkan daya saing produk Indonesia (domestik maupun ekspor), beban terhadap pembayaran cicilan dan bunga utang luar negeri pemerintah, serta penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” lanjut Bamsoet.

Komisi yang bermitra dengan sektor keuangan, diminta Bamsoet agar mendorong pemerintah memonitor pergerakan tersebut dengan lebih seksama lagi. “Meminta Komisi XI DPR mendorong Pemerintah untuk terus melakukan monitoring jangka menengah dan jangka panjang terhadap dampak dari dinamika ekonomi global, seperti nilai tukar rupiah yang terus tertekan dan harga minyak dunia, secara konsisten,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments