PMJ Duga Masih Ada SPBU Nakal di Jakarta

AKBP Ganis Setiyaningrum (ke 4 dari kanan), Kombes Prabowo Argo Yuwono (tengah seragam Polri).

KEPALA Sub Direktorat III Sumdaling Polda Metro Jaya (PMJ), AKBP Ganis Setiyaningrum mengatakan bahwa hingga saat ini diduga masih ada SPBU yang bertindak curang dan merugikan konsumen di Jakarta dan sekitarnya.

“Kami menduga masih ada yang curang. Ini masih kita kembangkan,” kata Ganis di kantornya, Senin, (30/4). Hal tersebut dikatakan Ganis berkaitan dengan pengungkapan kasus kecurangan SPBU di dua lokasi dalam wilayah hukum PMJ.

Dalam kesempatan tersebut, Ganis bersama tim berhasil mengungkap kecurangan SPBU di Ciputan, Tanggerang Selatan dan Kabupaten Tanggerang. Pada dua lokasi SPBU tersebut PMJ telah menetapkan 13 orang tersangka yang mempunyai peran masing-masing. “Masing-masing mereka ini ada perannya,” sambung Ganis.

Sementara itu Kabid Humas PMJ, Kombes Pol Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa pengungkapan tersebut diawali dari pengaduan masyarakat yang merasa dirugikan akibat ulah kedua SPBU tersebut. “Ini awalnya pengaduan masyarakat,” kata Argo.

Terhadap ke 13 tersangka tersebut, sambung Argo, PMJ menyangkakan dugaan pelanggaran Pasal 8 ayat 1 huruf  b,c. Pasal 9 ayat 1 huruf d Jo Pasal 62 ayat 1 Undang-Undang RI no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 27, 30, 31 Jo Pasal 32 Undang-Undang RI no 2 tahun 1981 tentan Metrologi Legal Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun. “Sanksinya maksimalnya diatas 5 tahun,” ujar Argo.   {007}.

Comments

comments