Ketua DPR RI Minta Polri Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Terhadap Anak

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Polri melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku kekersaan terhadap anak.

“Meminta Komisi II DPR, Komisi III DPR, dan Komisi X DPR mendorong Pemerintah Daerah (Pemda), Kepolisian, dan Kemendikbud untuk melakukan tindak tegas terhadap pihak yang melakukan tindak kekerasan di lingkungan sekolah, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 tahun 2015 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan dan UU Nomor 35 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Kamis, (3/5).

Tidak hanya Polri, Bamsoet juga mendorong pemerintah dan pihak terkait memberi perhatian terhadap proses tumbuh kembangnya anak di republik ini. “Meminta Komisi VIII DPR mendorong pemerintah dan stakeholders terkait pembuat kebijakan agar dapat memperhatikan tumbuh kembang anak, sehingga kebijakan yang dibuat tidak menjadikan anak sebagai korban,” lanjut Bamsoet.

Menurut Bamsoet, lembaga-lembaga terkait anak selayaknya melakukan koordinasi untuk mencari jalan keluar terbaik bagi anak Indonesia.

“Meminta Komisi VIII DPR dan Komisi X DPR meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan rapat bersama untuk membuat program-program yang ramah anak dalam ruang lingkup pendidikan serta meningkatkan pengawasan terhadap kualitas para guru dan seluruh tenaga pendukung yang ada di lingkungan sekolah,” sambung Bamsoet.

“Mengimbau kepada masyarakat, khususnya orang tua untuk lebih memperhatikan lingkungan di sekitar anak, seperti mengingatkan anak untuk selalu waspada terhadap bujukan orang tidak dikenal dan memberikan pemahaman yang baik dalam memproteksi diri di lingkungan sekitar,” ajak Bamsoet.   {007}.

Comments

comments