Sartono: Kerja Cerdas Solusi Hentikan Pelemahan Rupiah

Sartono.

ANGGOTA Komisi VI DPR RI, Sartono menegaskan bahwa hanya kerja cerdas yang mampu menemukan jalan keluar terhadap pelemahan nilai tukar rupiah di republik ini. “Tidak cukup hanya kerja, kerja dan kerja. Namun harus kerja yang cerdas,” tegas Sartono saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (23/5).

Tegas Sartono lagi, pelemahan nilai tukar rupiah belakangan ini telah berdampak sangat tidak baik bagi ekonomi maupun fiskal republik tercinta ini. “Beban fiskal dan beban ekonomi bangsa ini semakin berat dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika ini,” tegas Sartono lagi.

Sikap yang sangat serius harus dibuktikan pemerintah agar rakyat maupun investor asing bisa tetap percaya. Apalagi, sambung Sartono, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut relatif bersamaan dengan naikknya beberapa harga komoditas.

“Pemerintah harus sikapi dengan serius, kalau tidak akan terjadi dampak yang luar biasa, akan terjadi naiknya beberapa harga. Bersamaan bbm kita menyentuh 80 dollar per baerel. Tidak bisa santai, tidak bisa bicara kerja, kerja dan kerja saja. Harus kerja yang pakai pendalaman, pakai ilmu, pakai strategi agar pelemahan rupiah ini tidak berlanjut, tidik bisa hanya mengadalkan interfensi dari BI saja,” sambung Sartono.

Belum terjadinya pertambahan nilai hutang yang merupakan dampak dari meningkatnya nilai dollar Amerika. Demikian pula, jelas Sartono, nilai-nilai dari impor beberapa komoditas. “Ini serius, satu sisi imbasnya selain hutang kita bertambah karena nilai dolar menguat, rata-rata hutang kita pakai dollar Amerika. Komponen impor kita banyak pakai dollar. Kita berharap kondisi seperti ini tidak berlanjut,” jelas Sartono.

“Beri suatu harapan bahwa perekonomian kita akan lebih baik. Sekarang ada harapan enggak ini? Suatu sisi beberapa begara memberi travel warning agar tidak datang ke Indonesia. NKRI harus berlangsung hingga akhir zaman. Jadi tidak cukup hanya kerja,kerja dan kerja saja. Namun harus kerja cerdas,” ujar Sartono.   {007}.

Comments

comments