DPR RI Buka Pintu Untuk Kritik

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya saat ini membuka pintu semakin luas terhadap kritik dari masyarakat. Bahkan DPR RI menyelenggarakan berbagai kegiatan yang isinya adalah ruang bagi penyampaian kritik itu sendiri bagi lembaga wakil rakyat.

“Menyampaikan dalam HUT DPR RI ke 73, DPR RI menyelenggarakan penyerapan aspirasi masyarakat melalui lomba kritik DPR, stand up comedy kritik DPR, pameran foto warna-warni tentang kegiatan DPR yang diikuti oleh seluruh wartawan yang meliput di lingkup DPR RI, pameran lukisan ‘Kepada Republik’, dan launching ‘Open Parliament’ sebagaimana rekomendasi hasil sidang Inter Parliamentary Union/IPU (Sidang Parlemen Dunia) ke 138 di Jenewa, Swiss pada Maret 2018 yang lalu,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Selasa, (28/8).

Tidak hanya itu, dalam siaran persnya Bamsoet juga mengatakan bahwa lembaganya telah semakin memudahkan rakyat dari seluruh pelosok republik ini untuk mengakses kegiatan para wakil rakyat. Hanya dalam genggaman masyarakat bisa melihat kegiatan masing-masing legislator pilihannya dari waktu ke waktu.

“Menjelaskan bahwa saat ini masyarakat ini dapat melihat kinerja DPR secara transparan dengan mengakses aplikasi “DPRNow”, dalam aplikasi tersebut masyarakat dapat mengakses seluruh kegiatan DPR RI secara langsung, mulai dari kegiatan sidang-sidang Paripurna, rapat-rapat Komisi I DPR sampai dengan Komisi XI DPR, rapat-rapat Badan dan Alat Kelengkapan Dewan lainnya, serta seluruh partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan secara langsung maupun tertulis tanpa harus datang ke Gedung DPR, selain itu, aplikasi tersebut turut menampilkan informasi lainnya seperti produk legislasi DPR (Undang-Undang dan RUU yang masih dibahas), agenda kegiatan kedewanan, hingga hasil rapat,” jelas Bamsoet.

Bamsoet juga mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen menjalankan tugas mengawal jalannya pemerintahan serta amanat undang-undang yang lainnya.

“Menyampaikan komitmen di usia DPR RI yang ke 73, kami akan terus menjalankan tugas dan fungsinya sebagai representasi masyarakat Indonesia dalam mengawasi jalannya pemerintahan, menyuarakan aspirasi masyarakat dalam setiap pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU), dan bersama dengan pemerintah menetapkan APBN serta berperan aktif dalam diplomasi parlemen dalam rangka meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap kinerja lembaga perwakilan rakyat,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments