Ketua DPR RI: KLHK Harus Dorong Polhut Cegah Karhutla

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong Polisi Kehutanan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Kahutla). Khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, hal tersebut dirasa semakin penting lantaran ada Asian Games yang segera dilaksakanan.

“Mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong Polisi Hutan bersama dengan Satgas Karhutla Riau (terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD, Pemerintah Daerah/Pemda, dan beberapa elemen masyarakat) untuk secara aktif melakukan patroli serta terus melakukan upaya-upaya guna mencegah terjadinya kebakaran dan kerusakan hutan, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 32 tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, terutama menjelang penyelenggaraan ASIAN Games 2018,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (13/8).

Tidak hanya itu, menurut Bamsoet, KLHK sepantasnya membangun menara-menara pengawas untuk memudahkan proses pemantauan kemungkinan munculnya titik-titik api di wilayah tersebut.

“Mendorong Komisi IV DPR meminta KLHK melalui Satgas Karhutla Riau untuk mendirikan menara pengawas dan pos jaga dengan jarak pandang jauh yang dilengkapi sarana deteksi seperti teropong dan juga sarana alat komunikasi, guna mendeteksi kebakaran hutan sedini mungkin,” lanjut Bamsoet.

Kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bamsoet menghimbau untuk terus memberikan data-data terbaru terkait kemungkinan munculnya titik-titik api. Sebab, jika tidak diketahui, maka titik api tersebut dapat berubah menjadi api yang berkobar.

“Mendorong Komisi V DPR meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus memantau dan mengupdate informasi terkait titik panas tersebut, guna memberikan peringatan dan meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran kepada masyarakat,” ujar Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet menghimbau masyarakat agar mematuhi tata cara pembukaan lahan yang telah diatur oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan serta tidak membuka lahan dengan cara membakar, sehingga tidak menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” tambah Bamsoet.

“Mendorong Komisi VII DPR meminta BPPT untuk mengantisipasi apabila terjadi kejadian kebakaran hutan dengan mempersiapkan hujan buatan, sebagaimana yang telah dilakukan oleh BPPT dalam memadamkan kebakaran hutan,” sambungnya.   {007}.

Comments

comments